Atasi Masalah Saat Naik Pesawat

Berpergian menggunakan pesawat terbang memang sangat efisien apalagi dengan jadwal dan mobilitas yang amat tinggi. Selain menghemat waktu dan tenaga, naik pesawat terbang sekarang juga lebih murah dengan banyaknya tiket murah dan promo dari berbagai maskapai dengan berbagai rute.

Pengalaman naik pesawat terbang bagi sebagian orang sangat menyenangkan karena menghemat waktu perjalanan dan tenaga. Tetapi tidak sedikit pula yang memiliki pengalaman terbang yang kurang menyenangkan apalagi bagi yang pertama kali naik pesawat terbang.

Jika anda belum terbiasa naik pesawat terbang kemungkinan besar akan merasakan ketidaknyamanan saat terbang dengan pesawat dan jika tidak diatasi dengan tepat akan menyebabkan rasa trauma dan tidak ingin menggunakan pesawat terbang lagi. Hal yang paling sering dikeluhkan orang saat naik pesawat adalah nyeri pada telinga, dehidrasi, pembekuan darah, dan jet lag. Saya akan membagikan sedikit cara dalam mengatasi masalah tersebut agar perjalanan udara anda nyaman.

1. Nyeri Telinga

Permasalahan ini mungkin paling sering dialami hampir oleh semua orang saat naik pesawat terbang. Biasanya nyeri pada telinga dipicu oleh tekanan udara saat lepas landas maupun saat mendarat. Untuk mengatasi hal ini kunyahlah permen saat nyeri telinga terjadi atau anda bisa melakukan gerakan mulut seperti menguap untuk melegakan tekanan pada telinga. Jika anda membawa bayi, berikanlah botol susu padanya.

2. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi karena kurangnya air yang dikonsumsi dan rendahnya tingkat kelembapan dalam pesawat. Ada baiknya anda menyiapkan sebotol air putih setelah melewati pemeriksaan. Walaupun anda menempuh perjalanan yang singkat, usahakan selalu minum air putih setiap satu jam. Hindari meminum alkohol dan minuman kafein saat di pesawat karena akan mempercepat dehidrasi.

3. Pembekuan Darah

Pembekuan darah terjadi akibat duduk terlalu lama dalam pesawat. Jika anda memiliki potensi terjadi pembekuan darah sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter sebelum anda melakukan penerbangan. Jika anda adalam penerbangan, untuk menghindari terjadinya pembekuan darah anda bisa berjalan di jalur antara kursi penumpang. Atau anda bisa sering - sering membentangkan kaki saat duduk, melakukan peregangan pada kaki, engkel, maupun jari-jari kaki untuk menghindari pembekuan darah.

4. Jet Lag

Hal ini sering terjadi ketika anda terbang jarak jauh dan melintasi zona waktu, yang biasanya bisa menimbulkan rasa takut hingga sakit kepala. Untuk meminimalisir terjadinya jet lag hal ini sebaiknya anda memilih jadwal penerbangan anda. Jika anda terbang ke arah timur usahakan cari penerbangan dengan jadwal pagi, sebaliknya jika anda terbang ke arah barat usahakan cari penerbangan dengan jadwal malam, lalu atur jam anda sesuai dengan jam tujuan anda. Ketika anda telah sampai pada tujuan, sediakan waktu beristirahat untuk mengatasi pusing atau mual akibat jet lag.
Previous
Next Post »