Perbedaan Pembelian Tiket Pesawat Online VS Offline

Pada postingan ini akan diulas mengenai perbedaan membeli tiket pesawat online dengan tiket pesawat offline. Apa saja keuntungannya? kelebihannya? simak artikel di bawah ini.

Sebagai pendukung atas kemajuan sistem teknologi informasi yang berbasis internet, maka terjadi perubahan besar terhadap dunia pertiketan yaitu hadirnya sistem pembelian tiket pesawat secara online. Walaupun masih ada masyarakat yang masih menggunakan sistem pembelian tiket pesawat secara offline dengan mendatangi agen travel atau perusahaan maskapai untuk melakukan pembelian tiket.

tiket pesawat online
Salah satu aplikasi pembelian tiket pesawat online terpercaya. 
Sumber : fastpaykita.com - fastpay.co.id

Dengan perkembangan teknologi saat ini, masih ada masyarakat awam menilai bahwa pembelian tiket pesawat online lebih ribet dan rawan penipuan. Sebagian besar masyarakat awam tidak membeli tiket pesawat online karena takut tertipu. Belum lagi mengenai sistem pembayaran mayoritas menggunakan kartu kredit yang belum tentu dimiliki oleh semua orang.

Tidak bisa dipungkiri kejahatan transaksi online memang tinggi baik di Indonesia maupun dunia, hal inilah yang akhirnya membuat turunnya kepercayaan masyarakat terhadap "sistem pembelian online". Ketika anda akan melakukan transaksi online baik itu pembelian tiket pesawat maupun transaksi lainnya pastikan dan selidiki terlebih dahulu bahwa penjual online tersebut tepercaya.

Oleh karena itu disini saya akan berbagi info mengenai perbedaan pembelian tiket secara online maupun offline, seperti apa perbedaan pembelian tiket secara online maupun offline:

  • Ketika anda akan membeli tiket secara offline, anda harus capek-capek pergi menuju travel agent/maskapai, belum lagi harus keluarin uang buat bbm, atau panas-panasan cari parkir. Sedangkan saat anda membeli tiket secara online, anda cukup dengan masuk pada website atau aplikasi yang menyediakan penjualan tiket secara online.
  • Saat anda membeli tiket secara offline di tempat travel agent, anda akan banyak bertanya mengenai rute, jadwal, dan harga tiket pesawat. Terkadang karena tidak transparan, petugas agen akan memberikan harga seat yang lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan. Kemudahan saat anda membeli secara offline adalah anda tidak perlu mengisi form data penumpang sendiri. Sedangkan saat pembelian tiket pesawat secara online, pembeli harus mencari jadwal, rute, harga, dan menginputkan data penumpang sendiri. Keuntungannya, data yang diinputkan dan yang akan didapatkan adalah riil.
  • Jika anda melakukan pembelian secara offline, anda akan membawa uang cash untuk pembayaran. Sedangkan pembelian tiket online, akan ada limit waktu untuk melakukan pembayaran. Untuk mempermudah anda cukup transfer via ATM atau melalui fasilitas I-Banking.
  • Tiket yang telah anda beli akan langsung dicetak oleh petugas agen saat anda melakukan pembelian secara offline. Namun ketika anda melakukan pembelian secara online, anda akan mendapatkan struk dan kode booking via email. Anda dapat mencetak sendiri kode booking tersebut atau anda bisa melakukan cetak sebelum anda berangkat pada loket maskapai di bandara.


Ringkasnya :

Efisiensi dan Kecepatan : Pembelian tiket online (cepat) -- offline (lambat)
Kemudahan Transaksi : Pembelian tiket online (mudah : bagi yang familiar dengan internet) -- offline (mudah : bagi yang tidak familiar dengan internet)
Kepercayaan Konsumen : Pembelian tiket online (konsumen perlu selektif) -- offline (terpercaya)

Sistem pembelian tiket online tentu bisa menguntungkan para penjual/agen tiket online karena minim biaya investasi dan produksi. Tantangan yang perlu dihadapi penjual/agen tiket online adalah untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, terutama konsumen yang jauh diluar domisilinya.
Previous
Next Post »